Sabtu, 22 April 2017

GERMAS : Abang Lelah Sakit-Sakitan, Dik

Sabtu kemarin, 21 April 2017, bangsa Indonesia merayakan momen emansipasi Kartini. Eee, ternyata ada satu lagi yang perlu dirayakan, yakni kesehatan kita.

Sehat jelas berharga sekali. Belum seminggu dua anak masuk rumah sakit gara-gara typus. CATAT: DUA-DUANYA. Biaya perawatan rumah sakitnya dobel dan membengkak. Sementara istri 
istri ISPA akibat kelelahan. Beruntung aku masih dianugerahi sehat, sehingga bisa mengurus ketiganya.

Bapak drg. Oscar Primadi, MPM sedang memberi informasi apa itu GERMAS
Tapi Abang jadi lelah, Dik. Kalau begini terus, kapan kita berubah? Kita perlu sehat, apalagi perutku juga buncit begini. Penyakit mengintai sewaktu-waktu.

Berbekal perasaaan itu, aku langsung mau waktu Blogger Bandung dan Kementerian Kesehatan bikin acara Temu Blogger Kesehatan 2017 di Hotel Bidakara Savoy Homann. Aku pengin punya banyak bekal penting untuk menjaga kesehatan.

Alhamdulillah keputusan itu tepat. Aku ketemu banyak narasumber penting di sana; seperti Kabiro Komunikasi Pelayanan Masyarakat Bapak drg. Oscar Primadi, MPM,  pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Bandung Bapak Uus Sukmara, dan pejabat Dinas Kesehatan Kota Bandung Ibu Dina.

Mereka menyampaikan betapa pentingnya gaya hidup sehat. Sayangnya banyak masyarakat tidak menyadari itu, juga tidak menyadari fakta yang ada bahwa :

Banyak kematian akibat penyakit tidak menular, yang dari tahun ke tahun jumlahnya.
 
Data statistik penyakit tidak menular. Sumber : SEHAT NEGERIKU

Penyebabnya, seperti kubilang di atas, yakni pola gaya hidup kita, berupa :
1. Jarang aktivutas fisik;
2. Jarang konsumsi buah dan sayur;
3. Konsumsi makanan gorengan dan berlemak;
4. Konsumsi minuman soda;
5. Malas;
6. Minum alkohol;
7. Merokok.

Infografis pola gaya hidup kita. Sumber : SEHAT NEGERIKU
Kebiasaan-kebiasaan itu berakibat buruk, di antaranya :
1. Obesitas;
2. Gangguan pencernaan;
3. Kanker paru;
4. Stroke;
5. Kerusakan organ;
6. Jantung;
7. Kematian;
8. Dll


Wah, aku kayaknya masuk nomor 1 tuh, obesitas. Makanya aku setuju banget  masyarakat sepertiku perlu disadarkan sebelum terlambat.

Salah satunya lewat gerakan nasional, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS. Sasarannya semua lapisan masyarakat (individu, akademisi, pelaku usaha, ormas, masyarakat umum).

Bentuk kegiatan GERMAS. Sumber : SEHAT NEGERIKU
Lewat gerakan ini dibangun kesadaran perlunya perilaku hidup sehat, terutama olahraga, mengurangi makanan berlemak dan gorengan, dan memperbanyak makan buah dan sayur. Paling baik jelas  memakan buah lokal karena buah impor diragukan derajat keamanannya. Dan ke depannya, gerakan ini harus jadi kebiasaan karena bagaimana pun sehat itu investasi. Dengan menjalankan pola hidup yang sehat maka terbina kehidupan yang lebih bahagia.

Oke deh, Perut. Abang lelah sakit-sakitan terus. Sudah saatnya kamu berhenti nagih gorengan ke otakku yah. Aku ingin hidup sehat bersama keluargaku tercinta, dan masyarakat Indonesia semuanya.


Jalan kaki juga termasuk pola hidup sehat. Kang Tony Stark pasti setuju


Oh iya, barangkali teman-teman butuh bacaan lebih lanjut tentang GERMAS, silahkan lanjut baca-baca SEHAT NEGERIKU

Ayo #dukunggermas

2 komentar:

  1. Semoga anaknya sudah kembali sehat Pak ya.
    Benar banget tuh, soal gorengan. Saya sudah kapok sekarang makan gorengan. Pernah 1 minggu makan gorengan tiap malam. Alhasil kerongkongan gatal, rasanya gak enak. Sejak itu sudah tobat dongan gorengan.
    Cepat juga Bapak bikinnya. Saya belum bikin nih pagi ini.
    Bikin dulu deh... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiik... Kalo gitu, ayo bikin, biar masyarakat tergerak ubtuk hidup sehat (Baca: Germas)

      Hapus