Rabu, 25 Mei 2016

[Jewel Box] Berburu Harta Karun di Langit Selatan

http://www.experiential-learning-games.com/images/treasure-hunt.jpg
Harta karun identik sama bajak laut. Iyalah........ Lihat saja mata Kapten Jack Sparrow (Pirates of The Carribian) pasti ijo liat harta. Andai punya teropong bintang, mereka pasti ngebet punya pesawat antariksa buat menjarah harta karun di langit.

Sebab di langit juga ada harta karun yang layak diburu. Ini beneran, bukan hasil puisi alay ala penulis novel Hara Hope. Harta karun itu Kappa Crucis NGC 4755.

Namanya bikin pusing? Pasti. Biar gampang, kita sebut dia pakai nama ngetopnya:  Jewel Box.

Dilihat dari namanya pasti ketahuan kenapa star cluster ini sampai beraroma harta karun. Pasti karena keindahannya bikin ijo semua mata, seakan benda yang diintip bukan bintang tapi kumpulan harta karun.

Setidaknya alasan itu kena di gue! Waktu pertama kali melihatnya, gue mesem-mesem. Gue seperti melihat rubi, saphir, aquamarine, jamrud, bahkan batu akik reuni dalam satu kotak. Indah bet mamen........
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c3/A_Snapshot_of_the_Jewel_Box_cluster_with_the_ESO_VLT.jpg/300px-A_Snapshot_of_the_Jewel_Box_cluster_with_the_ESO_VLT.jpg
Perhatikan bintang-bintang paling terang. Itulah Jewel Box (wikipedia)
Pengalaman berharga ini menggerakkan hati gue untuk mencantumkannya ke dalam novel Love in Twilight, dijadikan adegan penting Rio terpukau-pukau melihat keindahan langit malam di Observatorium Bosscha bareng cemcemannya, Vega. Lumayan sakral bin romantis lah menurut gue. :D

Jika kalian penasaran lihat penampakannya aslinya (bukan cuma foto), bulan Februari-Juli cocok buat hunting. Arahkan teleskop ke Rasi Bintang Crux alias Gubukpeceng di selatan. Temukan Jewel Box di sekitar bintang Beta Crucis atau sayap kiri Gubukpeceng (lihat gambar bawah). Sebisa mungkin kita pakai teleskop jenis reflektor dengan apertur di atas 70 mm biar penampakannya jelas.Ciri-ciri standar teleskop jenis ini tongkrongan buat ngintipnya ada di samping.

Kalau tidak punya teleskop, jangan putus harapan. Coba main ke  Observatorium Bosscha, atau kedipin temen-temenku  di Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) di Planetarium Jakarta biar diajak ngintip harta karun ini.
http://www.psychohistorian.org/img/astronomy/obs-articles/finding-the-jewel-box.jpg
Regards,
Hara Hope
Novelist, space traveler, life traveler

1 komentar: